Sejarah Permainan DominoQQ - Part 2


Zhang Pu (1602-1641) dalam “Ensiklopedia Kumpulan Harta Karun” mendeskripsikan permainan yang menggunakan kartu Dominoqq sebagai “pupai”, meskipun karakter kanji untuk huruf “pu” telah berubah, namun lafal pengucapannya tetap sama. Permainan tradisional domino China antara lain adalah Tien Gow, Pai Gow, Che Deng, dan lain sebagainya. 

Satu set kartu domino China yang terdiri dari 32 kartu dibuat untuk mewakili setiap kemungkinan yang mungkin muncul dari dua buah dadu yang dilemparkan dan karenanya tidak memiliki kartu dengan tampilan kosong polos. Ini berbeda dengan satu set kartu dominoqq yang terdiri dari 28 kartu yang diciptakan di Barat pada pertengahan abad ke-18. Set kartu domino China dengan kartu yang kosong tanpa ada titik bulatan mulai ada di sekitar abad ke-17.

Banyak set kartu domino yang berbeda telah digunakan selama berabad-abad di berbagai belahan dunia untuk memainkan berbagai varian permainan judi domino. Setiap kartu domino awalnya mewakili salah satu dari 21 hasil lemparan dua dadu dengan enam sisi. Set kartu domino China membagi kartu domino menjadi dua jenis, yaitu militer dan sipil. Selain itu set kartu domino China juga memiliki bentuk lebih panjang daripada set kartu dominoqq Eropa.

Dibenua Eropa permainan kartu dominoqq muncul pertama kali pada abad ke-18 tepatnya di negara italia. Permainan ini sedikit berubah dengan kebudayaan China. Satu set kartu domino Eropa berisi tujuh kartu domino tambahan dengan enam diantaranya mewakili nilai yang dihasilkan dari melempar dadu tunggal dengan separuh ubin (tile) lainnya kosong, dan domino ketujuh mewakili kombinasi (0-0) kosong.

Hingga saat ini perkembangan dominoqq atau kini dikenal dengan nama lain domino99 sudah bisa dinikmati melalui jaringan internet atau online yang bisa dimainkan oleh semua kalangan. Sampai disini dulu pembahasan saya kali ini tentang asal usul sejarah permainan kartu dominoqq. semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan anda. Terima kasih telah berkunjung disini.

0 comments:

Post a Comment