Sejarah Permainan DominoQQ - Part 1



Dominoqq merupakan jenis permainan yang dimainkan dengan kartu domino yang berbentuk persegi panjang yang terdapat titik bulatan atau kosong setiap kartu dan memiliki satu garis yang membelah bagian tengah menjadi dua bagian yang sama. bagian belakan kartu dominoqq tidak dapat dibedakan, biasanya berbentuk corak / motif yang sama. Kartu domino memiliki 28 kartu  yang masing-masing kartu memiliki kombinasi nya.

Kartu dominoqq pertama kali disebutkan didalam buku “kumpulan peristiwa yang terjadi di Wulin” oleh penulis yang bernama Zhou Mi (1232-1298) yang hidup pada masa dinasti Song di Tiongkok. Set kartu domino modern pertama kali muncul di Italia pada abad ke-18, namun bagaimana kartu domino yang berasal dari China berkembang menjadi permainan modern tidak diketahui secara detail. Kemungkinanya adalah misionaris Italia yuang pernah menjejakkan kaki didaratan China membawa permainan dominoqq ini ke benua Eropa.

Nama dominoqq kemungkinan besar berasal dari kemiripan dengan sejenis kostum karnaval yang dikenakan pada acara karnaval venesia yang sering terdiri dari jubah berkerudung hitam dan topeng putih. Bertentangan dengan pandangan umum terhadap kata “polyomino”, sebenarnya tidak ada hubungan antara kata “domino” dan “polyomino” dalam bahasa apapun. 

Dalam catatan sejarah tertua yang menyebutkan tentang kartu dominoqq secara tertulis cari seorang penulis di zaman dinasti Song yang mencantumkan “pupai” (plakat judi atau domino) serta dadu sebagai barang yang banyak dijual pada masa pemerintaha kaisar Xiaozang dari dinasti Song (1162-1189). Para sejarawan menegaskan bahwa yang dimaksudkan Zhou Mi sebenarnya adalah domino ketika menyebutkan pupai karena Lu Rong (1436-1494), seorang penulis di zaman dinasti Ming secara eksplisit mendefinisikan pupai sebagai domino. Hal ini diungkapkan dalam sebuah kisah tentang seorang pemuda yang berhasil melamar gadis idamannya dengan menarik empat kartu kemenangan pupai dari satu kartu set.

Manual tentang dominoqq yang paling awal ditulis adalah Manual Peridoe Xuanhe (“宣 å’Œ 牌 è­œ / Manual of the Xuanhe Period) yang ditulis oleh Qu You (1341-1437). Namun beberapa sejarawan China percaya bahwa manual ini adalah karya palsu yang dibuat dari zaman sesudahnya.

0 comments:

Post a Comment